BukaLapak

Achmad Zaky

Perkembangan teknologi yang semakin maju membuat internet menjadi kebutuhan manusia yang sudah sangat sulit ditinggalkan. Internet telah menjadi media yang memudahkan kehidupan manusia modern. Berbagai hal kini bisa diakses secara online melalui internet, termasuk dalam hal jual beli atau ecommerce yang sedang menjadi trend di masyarakat Indonesia. Bukalapak menjadi salah situs jual beli yang sedang melejit diantara banyak situs ecommerce di Indonesia. Achmad Zaky, dikenal sebagai sang pendiri situs bukalapak menyuguhkan perjalanan panjang yang dilalui dengan perjuangan dan kerja keras hingga ia berhasil menuju titik sukses dan menjadi salah satu pebisnis yang disegani di Indonesia. Bukalapak telah menjelma menjadi e-commerce yang diperhitungkan. Kini situs tersebut telah mampu bersaing dengan berbagai situs jual online lain yang muncul terlebih dahulu.

Latar Belakang Achmad Zacky



Achmad Zaky lahir Sragen, Jawa Tengah, 24 Agustus 1986. Bakatnya dalam dunia informatika yang membawanya hingga pada titik seperti sekarang telah dimulai sejak kecil. Ketertarikannya pada komputer bahkan telah muncul saat ia masih duduk di bangku sekolah dasar.

Pamannya memiliki andil dalam perkenalannya dengan komputer, dimana beliau sering memberikan buku-buku mengenai komputer pada Achmad Zaky. Pada tahun 1997 ia sudah mulai mengenal pemrograman komputer dari berbagai buku yang telah menjadi temannya. Kecerdasan Achmad Zaky tak terbantahkan. Ia tumbuh menjadi pribadi yang memiliki otak cemerlang.

Saat duduk di bangku sekolah menengah atas di SMAN 1 Solo, ia menjadi wakil sekolahnya yang berkesempatan untuk mengikuti ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) dalam bidang komputer dan menjadi juara hingga tingkat nasional.

Kecerdasannya juga membawanya bisa diterima di kampus ternama di Indonesia yaitu Institut Teknologi Bandung pada tahun 2004. Ia mengambil jurusan Teknik Informatika dan memiliki riwayat akademik yang luar biasa dengan berhasil meraih IP 4.00 pada semester satu.

Biografi Achmad Zacky terkait dengan prestasi terlihat dari berbagai kegiatan kampus yang diikuti. Ia bahkan menjadi penggagas berdirinya beberapa organisasi di kampus diantaranya adalah ShARE Global Student Think-Tank, Entrepreneur Club ITB yang kemudian dikenal dengan Technoentrepreneur Club (TEC) ITB dan aktif dalam Amateur Radio Club (ARC) ITB.


Sebenarnya sebelum memulai ini semua, setelah lulus kuliah Zaky berkeinginan bekerja di BCG atau Mckinsey. Tetapi ia ditolak dan gagal mendapatkan pekerjaan di kedua tempat itu.

Sebenarnya sebelum masuk ITB, tujuannya kuliah hanya berkeinginan memperoleh pekerjaan bagus dengan gaji besar. Namun seiring berjalannya waktu setelah kuliah ia mengalami perubahan cara berfikir. Dimana di ITB itu sangat entreprenerial, karena lulusannya yang menjadi pengusaha bisa menjadi role model, seperti Aburizal Bakrie dan Arifin Panigoro yang sukses menjadi pengusaha sukses di tanah air. Oleh karena itu setelah lulus di ITB pilihannya hanya ada dua, yaitu kerja di perusahaan besar seperti Mckinsey dan BCG atau membangun perusahaan sendiri.


Akhirnya sejak kuliah ia sudah berkecimpung di dunia StartUp dengan mendirikan Suitmedia, yakni perusahaan jasa konsultan website perusahaan, dan hingga kini usaha ini masih tetap dijalani. Pada 2010, melihat perkembangan Suitmedia tumbuh sangat pesat. Setahun kemudian ia mendirikan Bukalapak. Sejak itulah ia memutuskan untuk fokus membangun Bukalapak menjadi online marketplace terpercaya yang banyak dikenal masyarakat Indonesia.

Segudang prestasi lain juga diperoleh saat masih berkuliah di ITB seperti juara II Indosat Wireless Innovation Contest, menyabet Merit Award pada kompetisi INAICTA (Indonesia ICT Awards).

Ia kemudian mendapat kesempatan untuk studi di Oregon State University melalui beasiswa dari pemerintah Amerika Serikat dan menjadi wakil ITB di Harvard National Model United Nations.

Ia menikah dengan wanita bernama Diajeng Lestari dan memiliki anak bernama Laiqa Anzani. Achmad Zaky juga membantu istrinya mengembangkan usahanya dalam bidang toko online busana muslimah yang diberi nama hijup.com.

4 comments:

Tampilan web Bukalapak.com dari waktu ke waktu

Siapa sih yang tidak tahu bukalapak.com?, situs marketplace yang katanya terbesar di Indonesia itu, Bukalapak dari tahun ke tahun selalu men...